Laman

Selamat Datang di Blog Negeri Di atas Awan untuk Kritik dan saran silakan Kirimkan Email ke simankeling22@gmail.com

Senin, Maret 30, 2015

Menyepelekan Pedagogik adalah Kesalahan Terbesar Seorang Guru

Konsep dasar mengajar sesungguhnya adalah keikhlasan, sehingga struktur maupun akselerasi setiap mata pelajaran kepada peserta didik itu mampu diaplikasikan. Tapi tahu kah kita dengan istilah pedagogik. Dimana istilah inilah yang mengatur tatanan setiap tingkah laku dalam mengajar.
Pedagogik merupakan ilmu yang mengkaji bagaimana membimbing anak, bagaimana sebaiknya pendidik berhadapan dengan anak didik, apa tugas pendidik dalam mendidik anak, apa yang menjadi tujuan mendidik anak. Dalam bagian ini akan dibahas pengertian pedagogik, pendidikan dalam arti khusus dan dalam arti luas. Pendidikan mengandung tiga aspek yaitu mendidik, mengajar dan melatih.
Seluruh sistem yang dilakukan baik itu menyangkut masalah kepribadian anak di dalam sekolah maupun di luar sangat seorang guru mampu menguasai pemahaman tentang padegogik tersebut. Jangan cuma berpangku tangan, beranggapan bahwa sudah senior. Kata-kata seperti senior tidak dibutuhkan dalam penanganan padegogik tapi pengalaman yang banyak namun bermutu. Saya rassa seperti itu.
Pedagogik mencari seorang pengajar yang akan didewasakan, karena kebanyakan tenaga pengajar usia sudah dewasa tapi aplikasi masih mau didewasakan.
Jadi, pendidikan dalam arti khusus hanya dibatasi sebagai usaha orang dewasa dalam membimbing anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaannya. Setelah anak dewasa dengan segala cirinya, maka pendidikan dianggap selesai. Pendidikan dalam arti khusus ini menggambarkan upaya pendidikan yang terpusat dalam lingkungan keluarga, dalam arti tanggung jawab keluarga.
Mengajar berarti memberi pelajaran tentang berbagai ilmu yang bermanfaat bagi perkembangan kemampuan berfikirnya. Disebut juga pendidikan intelektual. Intelek anak adalah kemampuan anak berpikir dalam berbagai bidang kehidupan. Jelas bahwa pengajaran atau pendidikan intelektual merupakan bagian dari seluruh proses pendidikan, atau pengajaran mempunyai arti sempit dari pendidikan.
Dalam proses pendidikan untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat upaya apa yang disebut “upaya pendidikan”, yaitu usaha-usaha tertentu terhadap generasi muda. Dengan demikian terjadilah di dalam masyarakat suatu perubahan kebudayaan (cultural change). 
Dengan pendidikan atau dengan proses perkembangan masyarakat, kita akan menemukan suatu perubahan dalam cara dam kwalitas kehidupan. Tidak ada manusia yang bersifat statis, yang tidak mengalami perubahan. Pada masyarakat yang satu yang mengalami perubahan yang cepat, sedangkan pada masyarakat lain lambat mengalami kemajuan. Yang terakhir ini biasanya terjadi dalam masyarakat yang sifatnya agraris (tradisional) yang hidupnya sebagian besar dari usaha pertanian dengan cara-cara tradisional.
Oleh karena itu jika seorang guru menyepelekan hal ini maka boleh dikata ini adalah kesalahan besar. karena dari pedagogik ini lah kita bisa mengenal secara mendalam bagaimana konsep mendidik dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar