Laman

Selamat Datang di Blog Negeri Di atas Awan untuk Kritik dan saran silakan Kirimkan Email ke simankeling22@gmail.com

Minggu, April 05, 2015

Menghapus Instalasi Aplikasi UKG Pelaksana dari Leptop/Notebook

Pada akhir bulan Maret 2015 yang lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Gayo Lues mengadakan sosialisasi tentang pelaksanaan Uji Kompetensi Guru serta melakukan instalasi Aplikasi UKG Pelaksana pada laptop para guru yang akan mengikuti uji kompetensi. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di ruang Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Gayo Lues.
Instalasi Aplikasi UKG Pelaksana tersebut dimaksudkan agar nantinya ketika pelaksanaan UKG dilakukan, para guru sudah siap uji tanpa harus repot memikirkan instalasi lagi dan bisa fokus pada Uji Kompetensi Guru tersebut.
Namun sayangnya tidak semua laptop para guru support dengan Aplikasi UKG Pelaksana, sehingga laptop tersebut tidak bisa digunakan untuk pelaksanaan UKG.  Permasalahan timbul bagi laptop para guru yang sudah terinstal Aplikasi UKG Pelaksana tapi tidak bisa digunakan. Mereka bingung bagaimana cara menghapus Aplikasi UKG Pelaksana.
Sebenarnya Aplikasi UKG Pelaksana menggunakan OS ( Operating Sistem ) Linux. Aplikasi ini diinstalkan pada laptop para guru yang hampir semuanya menggunakan OS Windows. Pada akhirnya ketika booting awal komputer akan muncul dua boot windows dan UKG Pelaksana. Pemandangan dual boot ini tentunya membuat tidak nyaman, apalagi Aplikasi UKG Pelaksana tidak bisa digunakan.
Bagi para guru yang laptopnya mengalami masalah tersebut, di sini saya akan memberikan software untuk menghapus instalasi Aplikasi UKG Pelaksana. Software tersebut bernama EasyBCD. Software ini memang diciptakan untuk menghapus dual boot yang ada pada PC atau laptop.

Langkah yang harus dilakukan untuk menghapus Aplikasi UKG Pelaksana tersebut adalah:
1.   Download terlebih dahulu software EasyBCD    di sini.
2.   Setelah di download, instal software EasyBCD.
3.   Selanjutnya buka software EasyBCD, dan klik menu Edit Boot Menu.
4.   Muncul tampilan yang menerangkan ada dua OS yaitu windows 7 dan UKG Pelaksana. Klik UKG Pelaksana dan berikan tanda centang disampingnya.
6.   Setelah dicentang, keterangan default yang tadinya No akan berubah menjadi Yes.
7.   Selanjunya klik menu Delete pada jendela Modify Menu Entries.
8.   Setelah itu centang button Skip the boot menu.
9.   Lalu Klik Save Settings.

Easy banget kan? Sesuai dengan nama softwarenya. Selamat mencoba.

3 komentar:

  1. Setelah selesai di uninstall kemudian di restart muncul booting dan meminta alamat IP server, cara mengatasinya gimana gan?
    Thanks

    BalasHapus
  2. Setelah selesai di uninstall kemudian di restart muncul booting dan meminta alamat IP server, cara mengatasinya gimana gan?
    Thanks

    BalasHapus
  3. Gmn neh, muncul booting ukg, panik 😫

    BalasHapus